7 Langkah Mengatasi Laptop MacBook Kena Ketumpahan Air Kopi Teh Jus Cairan Water Damage Jangan Panik! - Service MacBook Mati Total Malang

Kerusakan MacBook akibat cairan tidak mudah diperbaiki, bahkan tumpahan kecil dapat menimbulkan masalah fatal dan perlu penanganan tingkat lanjut yang membutuhkan alat dan keahlian khusus. Mengatasi kerusakan MacBook akibat kena air, kopi, teh, jus atau cairan lainnya dapat dilakukan sendiri. Namun, jika Anda seorang pemula, baca seluruh posting ini untuk memastikan Anda tidak salah mengambil tindakan.

Berhati-hatilah dengan tip yang memberitahu Anda untuk membiarkannya mengeringkan atau membersihkannya dengan alkohol; MacBook terbaru memiliki banyak komponen yang mudah rusak karena cairan. Panduan ini akan menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang kerusakan MacBook akibat air, kopi, teh, jus atau cairan lainnya, dan membantu Anda memutuskan apakah akan mencoba memperbaiki sendiri atau membawanya ke tempat service MacBook profesional terdekat di kota Anda.

Dapat kami asumsikan bahwa jika Anda berada di sini, maka Anda atau seseorang yang Anda kenal telah mengalami kerusakan MacBook akibat terkena cairan bisa kena air, kena kopi, ketumpahan teh, ataupun ke tumpaha jus.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda mengemasi perangkat Mac Anda yang basah, pergi ke Apple Store lokal di kota Anda, dan mengantri — hanya untuk diberi tahu bahwa mereka tidak akan menyentuh Mac yang terkena cairan. Mereka mungkin menawarkan Anda "Perbaikan Tingkat 4", dengan harga jutaan sampai puluhan juta (tergantung type dan model MacBook Anda). Opsi ini tidak cocok untuk sebagian besar konsumen, jadi Anda mungkin kembali ke rumah dan mulai menjelajahi internet untuk mendapatkan solusi yang lebih baik tentunya dengan biaya yang lebih murah dan terjangkau.

Sekarang Anda sudah berada di tempat yang tepat Goodlaptop Malang salah satu tempat spesialis service MacBook ketumpahan air kopi teh jus atau cairan, Ok mari kita mulai.

Kenali Karakter atau Jensi Cairan Yang Tumpah!

Logic board MacBook Pro 13" A1278 korsif bekas ketumpahan cairan
Meskipun ini mungkin tampak seperti tidak masuk akal, tapi lebih dari ini beda cairan beda pula penanganan dan tindakan pertama yang perlu Anda lakukan. Air, teh, dan kopi tidak terlalu asam dan cenderung lebih mudah untuk diperbaiki dan dipulihkan dengan cepat. Cairan lain seperti jus atau anggur dapat menimbulkan serangkaian tantangan baru karena tingkat keasamannya lebih tinggi.

Bagaimana saat tumpahan cairan terjadi dapat merusak MacBook Anda?

Setelah tumpahan air, kopi, teh, jus atau cairan lainnya masuk ke MacBook Anda apa yang terjadi, cairan kemungkinan akan masuk ke logicboard melalui celah keyboard dan komponen lainnya. Mineral dan garam yang terdapat pada cairan segera mulai menggerogoti komponen logam, silikon, dan fiberglass.

Seringkali, Mac Anda masih dapat bekerja selama beberapa hari setelah tumpahan cairan terjadi dan kemudian berhenti bekerja. Ini karena logam mengoksidasi dan perlahan-lahan berkarat dan korosif. Jika ada sumber listrik yang tersedia, seperti baterai, yang menyuplai daya ke sistem (meskipun MacBook Anda dalam kondisi mati), arus listrik akan berinteraksi dengan cairan dan mempercepat proses korosi ini. Hal ini menyebabkan tembaga dan logam lainnya bermigrasi melintasi logic board. Jika proses korosi ini tidak dihentikan secepatnya, kemungkinan besar Anda akan mengeluarkan biaya lebih mahal dari apa yang Anda bayangkan.

Cairan tumpah di MacBook, Korosi Datang: Mimpi buruk Anda yang TERTUNDA :(

Korosi atau korosif adalah suatu proses yang mengubah logam olahan menjadi oksida yang lebih stabil. Ini adalah kerusakan material yang lambat dan bertahap (biasanya logam) oleh reaksi kimia karena faktor lingkungan, dalam hal ini korosi terjadi ketika bertemunya listrik, logam, air dan oksigen, menciptakan oksida besi (atau yang lebih dikenal sebagai karat atau korosif). Tidak ada jadwal yang dapat dipastikan kapan proses korosi atau korosif ini terjadi, komponen atau part internal MacBook biasanya mulai berkarat segera setelah tumpahan, tetapi dalam beberapa kasus Mac Anda dapat berfungsi normal selama berhari-hari atau berminggu-minggu tanpa menunjukkan tanda-tanda masalah yang jelas.

Seberapa cepat proses korosi bergantung pada banyak faktor yang tidak dapat kami kendalikan, seperti kelembaban, tingkat keparahan tumpahan cairan air, kopi, teh atau jus dan berapa lama perangkat tetap bersentuhan atau terpapar dengan cairan tersebut. Praktik terbaiknya adalah tidak menghidupkan atau menggunakan MacBook sama sekali sampai Anda dapat mengatasi kerusakannya. Di bawah ini adalah beberapa contoh korosi yang disebabkan oleh tumpahan air.

Logicboard MacBook korosi, berkarat

Sekarang kita memahami apa yang terjadi di dalam MacBook Anda saat tumpahan terjadi, selanjutnya kami dapat mulai menganalisis apa yang diperlukan dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah MacBook dengan benar.

Anda Mungkin membutuhkan alat-alat berikut:

  1. Obeng Set - Obeng Set adalah satu-satunya obeng yang Anda butuhkan untuk menangani tantangan perbaikan elektronik dan untuk membuka perangkat MacBook Pro Air, iMac, Apple Mac Mini Anda.
  2. Air Suling (air murni - bukan air keran!) - Digunakan untuk membersihkan endapan gula yang yang larut dalam air yang menempel pada logic board atau komponen MacBook lainnya dan untuk menetralkan asam
  3. Alkohol 90% - Digunakan untuk membersihkan korosi yang terlihat pada komponen Anda. Ini mutlak harus dimiliki untuk membersihkan komponen yang rusak secara efektif. Sebagai pelarut, ia menguap dengan cepat dan aman untuk plastik. Saat mengering, ia mengeluarkan bau yang sangat ringan, yang tidak mengganggu pernafasan Anda meskipun ventilasi kurang bagus, kami sarankan Anda untuk memakai masker untuk membatasi paparan berlebih.
  4. Kaca pembesar - Alat ini sangat membantu ketika Anda akan ingin memeriksa semua titik solder untuk memastikan bahwa Anda telah menyelesaikan setiap short pada logic board.
  5. Blower (Solder Uap) - Jika Anda mengalami situasi di mana Anda perlu memperbaiki atau mengganti komponen individu pada logic board, solder uap panas yang berkualitas akan diperlukan.
  6. Solder - Peralatan ini juga mutlak diperlukan untuk melakukan tugas penyolderan mikro pada komponen atau part SMD (Surface Mounting Devices) yang akan Anda hadapi.
  7. Sparepart pengganti - Disini Anda dapat mengalami beberapa dilema. Anda harus membeli suku cadang Apple original. Atau mencari sparepart KW atau OEM untuk menghemat pengeluaran Anda.

Pengecekan Menyeluruh

MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, MacBook Retina, MacBook Unibody atau model apapun yang terkena cairan air, kopi, teh, atau jus memerlukan pemeriksaan menyeluruh. Bahkan korosi sekecil apapun jika tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan kegagalan sistem di masa mendatang.

1. Bongkar MacBook terlebih dahulu

Anda harus membongkar MacBook Anda sepenuhnya untuk memastikan diagnostik yang menyeluruh.

2. Cek keyboard dan touchpad

Keyboard MacBook Air A1465 ketumpahan air kopi teh jus cairan
Periksa keyboard dan touchpad dari karat atau residu lengket — jika ditemukan, sebaiknya ganti keyboard atau touchpad.

3. Periksa Logic Board dari paparan cairan

Logic board MacBook ketumpahan cairan (water damage)
Periksa logic board untuk setiap tanda-tanda terkena paparan cairan — Ini harus dilakukan dengan teliti kalau perlu gunakan kaca pembesar untuk memeriksa setiap komponen SMD yang terdapat tanda kerusakan.

4. Ganti komponen part SMD yang rusak

Jika ditemukan kerusakan, logicboar harus dibersihkan dengan alkohol atau air suling (tergantung jenis tumpahan cairannya), dan apabila ditemukan komponen SMD yang rusak harus diganti part MacBook.

Ganti part MacBook A1462 atau komponen SMD yang korosif

5. Periksa sambungan layar dan flexible

Semua sambungan layar dan kabel harus diperiksa secara menyeluruh, dan jika ada tanda-tanda paparan cairan atau korosi, disarankan penggantian layar atau kabel flexible.

6. Tes baterai

Uji baterai - Baterai sering kali menjadi korban tumpahan cairan dan sangat sulit untuk perbaiki.

Ganti Baterai MacBook Pro A1502

7. Periksa data

Data - Data harus diperiksa dan diperiksa ulang. Dalam sebagian besar kasus, data tidak terpengaruh. Jika ada korosi pada SSD atau HD, penggantian disarankan.

Sekarang setelah Anda menyelesaikan diagnosis tentang apa yang rusak akibat tumpahan cairan, penting untuk berpikir sebelum bertindak.

Ada banyak tempat service MacBook terdekat di Kota Anda yang dapat membantu menangani kerusakan akibat tumpahan kena air, kopi, teh, jus atau cairan lainnya, pastikan MacBook Anda ditangani oleh teknisi profesional dan berpengalaman.

Pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang ada di depan Anda, dan Anda juga sudah yakin dapat memulihkan MacBook Anda setelah ketumpahan air kopi teh jus atau cairan. Semoga berhasil!

Apabila Anda tidak yakin dengan apa yang ada di depan Anda dan ragu dengan apa yang akan anda lakukan? kami Goodlaptop Malang siap membantu mengatasi dan menangani permasalahan MacBook dan laptop Anda yang ketumpahan atau terkena air kopi teh jus atau cairan lainnya, kami salah satu pilihan tempat service MacBook di Malang yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang service MacBook dan service laptop. Ditangani langsung oleh teknisi ahli dan dikerjakan di tempat, bahkan untuk kerusakan tertentu Anda dapat melihat langsung dan menunggu proses pengerjaanya.
Disqus Comments