3 Tips Mengatasi Hard Disk Laptop Tidak Terbaca Terdeteksi HDD Not Detected - Service Laptop di Malang

Langkah Cepat Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Tidak Terbaca, Mudah dan Praktis
Hard disk tidak terbaca di laptop, hard disk tidak terdeteksi di bios, Windows, dan MacBook, atau HDD not Detected bisa dikarenakan beberapa hal. Hard disk laptop atau MacBook tidak terbaca atau tidak dapat read dan write data biasanya disebabkan oleh bad sector, kerusakan fisik, atau file yang crash.

Hardisk laptop atau HDD merupakan salah satu media yang berfungsi sebagai media penyimpanan baik untuk system operasi OS Windows atau MacOS, data, foto, video, musik, dan dokumen pada laptop maupun MacBook. Hingga saat ini, hardisk masih menjadi media penyimpanan data yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat jika dibandingkan dengan SSD (Solid state drive). Hal ini dikarenakan kapasitas yang diberikan hardisk HDD lebih besar dan juga harganya relatif lebih murah dibandingkan SSD.

Secara umum penyebab HDD tidak terbaca di laptop dan MacBook adalah hardisk sudah rusak karena jatuh atau kena benturan keras sehingga hardisk mengalami kerusakan secara fisik, terjadi kerusakan pada komponen SMC ataupun IC Power di mainboard laptop sehinga system tidak bisa berfungsi dengan normal.

Selama menggunakan laptop atau MacBook mungkin Anda pernah mengalami permasalahan pada hardisk laptop, salah satunya hardisk tidak terbaca, harddisk tidak terdeteksi (HDD No Detected). Jangan terburu-buru Anda memutuskan untuk ganti HDD atau membeli harddisk yang baru, karena bisa jadi permasalah hardisk tidak terbaca atau terdeteksi masih mungkin diperbaiki dengan cara-cara alternatif dibawah.

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca, Tidak Terdeteksi di Laptop MacBook

Namun selain penyebab yang umum di atas, ada beberapa penyebab lain kenapa hardisk Anda tidak terbaca, apa saja? Beberapa penyebab hard disk laptop dan hard disk MacBook tidak terbaca atau terdeteksi oleh sistem operasi Windows atau MacOS, diantaranya:
  • Setingan BIOS pada laptop salah karena hardisk disetting DISABLE/OFF
  • Pemasangan hardisk kurang sempurna
  • Kabel flaxsible hardisk laptop MacBook rusak
  • Tegangan listrik kurang stabil sehinga piringan hardisk tidak berputar
  • Tidak pernah defragment hardisk sehingga kerap ditemukan bad sector atau kinerja hardisk tak stabil
  • Hardisk laptop terkena virus, OS terkena virus
  • Sering matikan laptop MacBook secara paksa
  • Laptopa atau MacBook terlalu sering restart sendiri, laptop MacBook tiba-tiba mati, atau laptop MacBook matian.
  • File system partisi hardisk laptop tidak didukung oleh system operasi

3 Tips Memperbaiki Hardisk Laptop MacBook Tidak Terbaca Terdeteksi HDD Not Detected

Berikut ini beberapa cara cepat memperbaiki hardisk yang tidak terbaca oleh system operasi Windows maupun MacOS yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Cek Setingan BIOS Laptop

Cek setingan BIOS pada laptop Anda, pastikan setting hardisk pada BIOS disetting enable atau on. Kusus bagi Anda penguna laptop yang mengunakan System Operasi Microsoft Windows.

Cara mengatasinya hidupkan laptop lalu tekan tombol F!, F2, F10, atau F12 tergantung merek laptop Anda, setelah masuk bios cari settingan hardisk dan pastikan settingannya pada posisi enable atau on.

2. Pastikan Pemasangan Hardisk Sudah Tepat

Bila hardisk laptop tidak terbaca atau tidak terdeteksi bisa jadi pemasangan hardisk laptop tidak tepat, hardisk menancap kurang sempurna dikarenakan terkena goncangan atau benturan keras.

Solusinya buka casing penutup hardisk laptop lepas hardisk dengan hati-hati, cek kabel fleksibel apakah terdapat tanda-tanda cacat atau rusak? Bila hal ini terjadi ganti dengan kabel fleksibel yang masih bagus. Setelah itu pasang kembali hard disk dengan benar dan pastikan posisi hardisk menancap dengan mantap dan sempurana.

3. Cek Tegangan Listrik

Bila hardisk laptop tidak terdengan suara piringan berputar kurang sempurna dikarenakan goncangan atau benturan keras.

Solusinya cek kabel power adapter apa ada tanda-tanda mengalami kerusakan atau terbakar. Coba pindahkan colokan adaptor atau charger laptop ke stop kontak lainnya. Stok kontak yang sudah rusak atau aus bisa menyebapkan arus listrik tidak bisa berjalan lancar dan stabil.


Demikan tips mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi permasalahan hard disk laptop Anda.

Bila beberapa langkah diatas belum dapat mengatasi permasalahan HDD tidak terbaca atau hard disk not detected, saran kami segera bawa ke tempat service laptop profesional terdekat di kota Anda, untuk mendapatkan penanganan secara profesional oleh teknisi ahli yang berpengalaman.

Tempat Service Laptop Profesional di Malang, Cari Goodlaptop di Google Maps:

Disqus Comments