Cara Mengatasi Kernel Panic Di MacBook - Service MacBook Malang

Bagaimana mengatasi kesalahan Kernel Panic, tampilan pada layar ketika Karnel Panic
Jika Mac Anda memulai ulang secara tidak terduga, kesalahan yang dikenal sebagai Kernel Panic terjadi, dan Anda melihat pesan bahwa komputer Anda dimulai ulang karena ada masalah.

Penyebab yang paling mungkin adalah perangkat lunak yang rusak. Kernel panik juga dapat disebabkan oleh perangkat keras yang rusak atau tidak kompatibel, termasuk perangkat eksternal yang terpasang ke Mac Anda.

Kami Goodlaptop Malang adalah penyedia jasa service MacBook di Malang yang berpengalama lebih dari 10 tahun berkecimpung dibidang service laptop dan MacBook. Service MacBook Malang dan repair MacBook di tempat kami kerjakan oleh teknisi ahli dan profesional. Anda dapat berkonsultasi dengan teknisi profesional mengenai kerusakan perangkat Mac Anda.

Kali ini team Goodlaptop Malang akan memerikan beberpa cara mrngatasi permasalahan yang berkaitan dengan MacBook mengalami Karnel Panic silahkan dibaca dengan seksama sampai selasai. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Apa itu Kernel Panic?

Kernel Panic, meskipun terdengar menakutkan, ini hanyalah kejadian ketika perangkat Mac Anda terus memulai ulang tanpa alasan yang jelas. Layar Mac Anda menjadi hitam, memberi Anda berbagai pesan peringatan seperti "You need to restart your computer." Perhatikan tampilan pesan peringatan yang muncul, pesan peringkatan membedakan Kernel Panic dari restart Mac biasa, karena aplikasi yang mogok, atau perangkat lunak yang rusak.

Dengan kata lain, Kernel Panic hanyalah versi Mac sama seperti "blue screen" pada perangkat komputer yang menjalankan Windows (sekarang menjadi Black Screen of Death "BSOD" pada Microsoft Windows tebaru), tapi untungnya, itu bisa diperbaiki. Jadi, mari kita hadapi masalah ini secara langsung.

Pesan Kesalahan Kernel panic - Anda perlu melakukan restart ulang perangkat Mac Anda
Karnel Panic bisa terjadi karena perangkat Mac Anda mengalami kesalahan kritis yang tidak dapat ditangani oleh OS, sehingga Mac mati secara mendadak. Jika hal itu jarang terjadi (hanya terjadi sekali dalam beberapa minggu), permasalahan Karnel Panic seharusnya tidak menjadi masalah. Dan dengan melakukan restart ulang bisa mengatasinyanya.

Lebih buruk ketika Kernel Panic terjadi secara teratur, berulang-ulang, terutama jika Mac Anda mogok tepat saat startup. Ini mungkin pertanda ada yang bermasalah atau rusak pada perangkat keras Mac Anda, yang menyebapkan Mac Anda hampir tidak dapat digunakan pada saat itu.

Apa yang menyebabkan Kernel Panic di Mac?

Ada beragam alasan, salah satunya karena Anda baru saja menyambungkan peripheral baru pada perangkat Mac. Namun 90% kasus yang sering terjadi, disebabkan konflik perangkat lunak yang perlu disalahkan. Berikut daftar tersangka utama:
  • Tidak cukup RAM atau kurangnya ruang hard drive
  • Driver atau plugin yang kedaluwarsa
  • Izin disk rusak
  • Aplikasi yang konflik
  • Masalah perangkat keras dan peripheral yang tidak kompatibel

Bisa jadi Kernel Panic terjadi karena masalah perangkat keras yang terkait perangkat lunak, mungkin juga kombinasi keduanya, seperti ketika RAM Anda dimatikan, sementara dua aplikasi saling bertentangan memggunakan memori. Bagaimanapun, ada jalan yang dibuat oleh para ahli Mac hebat yang sekarang akan segera diikuti.

Solusi Memperbaiki Kernel Panic di Mac Disebabkan Perangkat Lunak

1. Perbarui semua perangkat lunak Anda

Mulailah dengan meluncurkan aplikasi App Store melalui Spotlight atau menu Apple. Buka App Store dan klik Pembaruan untuk melihat pembaruan terbaru yang tersedia untuk Mac Anda. Jika beberapa alat belum diperbarui untuk waktu yang lama, itu mungkin akar dari masalah Kernel Panic.

2. Temukan aplikasi mana yang rusak

Jika Mac Anda terus mogok pada aplikasi tertentu, coba ingat apa yang terakhir Anda lakukan pada perangkat Mac Anda, apakah sebelumnya Anda melakukan update perangkat lunak? instal sofware atau aplikasi? instal driver untuk hardware peripheral baru? Maka Anda akan tahu mana yang patut disalahkan. Jadi apa yang harus Anda lakukan dalam kasus ini:
  1. Coba perbarui aplikasi yang bermasalah lalu reboot mesin Mac Anda.
  2. Jika tidak ada pembaruan yang ditemukan atau Anda tidak dapat menjalankannya, hapus dan instal ulang seluruh aplikasi yang bermasalah tersebut.
Hati-hati sebelum instal sofware atau aplikasi apapun, pastikan aplikasi yang Anda instal kompatibel dengan perangkat Mac Anda. Oleh karena itu, sebaiknya hindari aplikasi dan software bajakan untuk mencegah permasalahan yang bisa terjadi pada perangkat Mac Anda.

Jika Kernel Panic terjadi pada aplikasi acak, Anda harus melihat ke dalam driver sistem, khususnya yang datang dengan peripheral, seperti kartu video, adaptor, dll. Pastikan Anda memperbarui semua yang berhubungan dengan grafik, sistem file, atau jaringan. Dan, jika itu tidak membantu, silahkan baca terus artikel ini dan ikuti langkah selanjutnya.

3. Pastikan Anda memiliki cukup ruang kosong di drive

Apple merekomendasikan untuk menyediakan setidaknya 20% ruang kosong di drive startup Anda. Mac Anda membutuhkan ruang yang cukup untuk bernapas dengan bebas. Tetapi ketika ada kekurangan memori fisik atau virtual, kinerja Mac Anda menurun, dan permasalahan Kernel Panic ini cukup umum terjadi.
  1. Pilih menu Apple > About This Mac.
  2. Beralih ke tab Storage.


Jika volume drive utama Anda mendekati kapasitas penuh, maka Anda harus memberikan lebih banyak ruang untuk itu. Solusi yang cepat dan mudah adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau sampah lama apa pun yang disimpan di sana. Anda dapat mengeklik Manage... dan coba mengosongkan sebagian ruang menggunakan alat bawaan Apple.

4. Luncurkan Utilitas Disk

Kernel Panic dapat terjadi karena file yang rusak atau masalah dengan perangkat eksternal. Untungnya, Apple sebagian menangani ini dengan Utilitas Disk bawaan mereka. Meluncurkan alat Pertolongan Pertama Utilitas Disk akan mendeteksi kesalahan disk apa pun, dan jika itu dapat menyelesaikannya, Anda akan beruntung.
  1. Pilih menu Apple > Restart...
  2. Tahan Command + R saat Anda me-restart komputer.
  3. Buka Disk Utility > First Aid.
Ikuti perintah di layar dan berharap untuk melihat sesuatu seperti "Operation successful" dalam laporan. Dalam skenario terburuk, Anda mungkin mendapatkan "Tugas yang mendasarinya melaporkan kegagalan," yang menunjukkan bahwa perbaikan disk gagal. Pada titik ini, Anda harus mulai berpikir untuk menyimpan data dan memformat ulang drive.

5. Nonaktifkan item startup

Ada kemungkinan item masuk yang bagus adalah alasan Mac Anda memulai ulang secara acak. Dengan lusinan aplikasi yang diluncurkan saat startup, mereka mungkin terlalu banyak untuk ditangani oleh prosesor Anda. Untuk memecahkan masalah Kernel Panic, sekarang taktik Anda adalah menonaktifkan program-program ini dan memeriksa bagaimana perilaku Mac Anda. Untuk menonaktifkan item login, ikuti jalur ini:

  • Buka System Preferences > Users & Groups.
  • Pilih nama pengguna Anda di menu.
  • Beralih ke tab Item Masuk.
  • Pilih item startup yang ingin Anda nonaktifkan, lalu klik simbol “–”.
  • Mulai ulang Mac Anda untuk mengaktifkan perubahan.
Sekarang, saatnya untuk mengenakan topi detektif Anda karena kami akan menyelidiki item login mana yang menyebabkan Kernel Panic. Kali ini, kita akan pergi ke arah yang berlawanan dan akan mengaktifkan item login — satu per satu. Jika Mac Anda mogok setelah aplikasi login tertentu diaktifkan, selamat, Anda telah berhasil. Perhatikan bahwa Anda harus mem-boot ulang setelah setiap langkah, tetapi menemukan akar masalahnya sangat menarik, bukan?

Memperbaiki Kernel Panic pada Mac Disebabkan Karena Perangkat Keras

Semua perangkat keras yang terhubung dapat bertanggung jawab atas penyebap macet di Mac Anda — sebenarnya ini cukup sering terjadi. Jadi, mari kita telusuri solusi perangkat keras penyebab Kernel Panic. Dan bersiaplah untuk me-restart Mac Anda beberapa kali lagi saat Anda mengikuti tips berikutnya.

1. Matikan Perangkat Peripheral

Sama seperti yang kami lakukan dengan item startup, kami harus mencari tahu perangkat mana yang sebenarnya bertentangan dengan sistem Anda. Sekarang, Anda perlu mencabut semua yang terhubung ke Mac Anda: printer, kartu video eksternal, adaptor jaringan, dll. Mulai ulang Mac Anda dan sambungkan satu perangkat pada satu waktu — jika tidak terjadi apa-apa, mulai ulang lagi dengan perangkat baru yang dicolokkan. Uji dan coba terus, ulangi langkah yang sama sampai Anda menemukan peripheral penyebab permaslahan Kernel Panic tersebut. Apakah Anda menemukan peripheral mana yang rusak? Bagus, sekarang instal ulang driver dan perbarui perangkat lunak yang menyertainya.

2. Jalankan Diagnostik Apple

Tergantung pada OS Mac Anda, alat bawaan ini dapat disebut Apple Diagnostics atau Apple Hardware Test. Utilitas Apple yang canggih ini tidak kusus hanya diperuntukkan bagi yang suka ngoprek saja sebenarnya, alat ini benar-benar menyelamatkan nyawa (oke, Mac) :).

Untuk Mac berbasis prosesor Intel:

  • Pilih menu Apple > Restart...
  • Tekan dan tahan tombol D saat Anda me-restart Mac Anda.

Untuk Mac berbasis chip/prosesor Apple:

  • Restart ulang Mac Anda, terus tekan dan tahan tombol daya saat Mac Anda dimulai.
  • Lepaskan tombol saat opsi startup muncul.
  • Tekan Command (⌘)-D pada keyboard Anda.

Diagnostik Apple akan diluncurkan secara otomatis dan menguji kondisi perangkat keras Anda. Jika ada masalah yang terdeteksi, Anda akan mendapatkan laporan terperinci yang sekarang menjadi undangan resmi Anda untuk mengunjungi Dukungan Apple.

Solusi terakhir untuk Kernel Panic

Jika semua hal di atas tidak ada yang bisa membantu, dan sekarang Anda dengan putus asa meminjam laptop atau Mac teman Anda (karena Mac Anda terus mogok). Anda tidak perlu panik. Sekarang, Anda dapat mencoba cara yang paling pasti akan menyelamatkan Mac Anda — instal ulang OS Anda dari awal. Ini seperti memulai hidup baru — dan tidak ada yang sulit untuk itu.

Apabila Anda tidak punya waktu untuk melakukan semua hal di atas dan membutuhkan solusi cepat, kami Goodlaptop Malang dapat membantu menyelesaikan semua permasalahan Mac Anda dan melayani jasa service MacBook Malang. Semua permasalahan laptop MacBook dapat kami tangani baik kereusakan pada hardware maupun softwarenya.

Semoga artikel cara Mengatasi karnel panic ini dapat membantu Anda menghilangkan Kernel Panic. Jika berkenan silahkan bagikan artikel ini jika Anda menyukainya, dan terima kasih telah membaca sampai selesai.

Team Goodlaptop Malang
Tandiyo Utomo (Admin dan web developer)

Sumber Referensi:
- MacPaw.com
- Apple.com

Jasa Service Laptop Apple MacBook di Malang, Goodlaptop Malang:

Facebook : Goodlaptop Malang
Google Place : Goodlaptop+Malang
Twitter : @goodlaptopmlg
Instagram : @goodlaptopmlg
WhatsApp : 0811 364 1985
Telegram : 0811 364 1985
Call or SMS : 0811 364 1985
Website service MacBook: www.goodservicelaptop.com

Alamat : Jln. Pisang Kipas No. 31, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur - 65141

Tempat Service Laptop Apple di Malang, Cari Goodlaptop di Google Maps:

Disqus Comments