5 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Laptop Biar Awet Tahan Lebih Lama - Pusat Service Laptop di Malang

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Laptop
Di zaman modern ini kita dituntut bisa bekerja fleksibel sehingga membuat kita lebih produktif dan cepat untuk itu diperlukan perangkat yang bisa membantu untuk menunjang produktivitas tersebut salah satunya adalah laptop. tidak menutup kemungkinan laptop mengalami kendala dan kerusakan.

Laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang baik untuk menunjang pekerjaan kantor, mengerjakan tugas sekolah, tugas kampus, bagi generasi "now" yang melakukan pembelajaran online, atau hanya sekedar mengisi waktu luang dengan melihat youtube, netflix, dan mendengarkan musik di spotify.

Untuk menunjang semua aktivitas tersebut, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan laptop adalah daya tahan baterai laptop. Ketahanan baterai laptop tidak bisa lepas dari pemakaian dan perawatan baterai laptop itu sendiri.

Agar aktifitas Anda tidak terganggu di kemudian hari maka Goodlaptop Malang memberikan tips merawat kesehatan baterai laptop supaya tetap awet tahan lama, silahkan dibaca dan dipraktekan beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Atur Kontras Layar Laptop Ke Posisi Rendah

Sesuaikan kontras layar
Salah satu komponen yang menguras daya baterai adalah layar LCD laptop. Cahaya yang terlalu terang selain tidak sehat untuk mata kita, ternyata juga bisa menyebabkan daya baterai laptop cepat terkuras habis. Tips pertama yang bisa Anda lakukan saat menggunakan laptop adalah mengatur kontras layar laptop ke posisi rendah, pastikan layar laptop tetap nyaman untuk mata Anda, kalau ini bisa Anda jadikan kebiasaan maka dapat menambah umur dan daya baterai lebih lama 25 - 30%, baterai lebih awet dan daya baterai laptop tidak cepat habis.

2. Buka Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Bijak menggunakan aplikasi
Pilih aplikasi sesuai dengan keperluan Anda, menjalankan beberapa aplikasi secara simultan membuat laptop bekerja lebih keras dan daya baterai lebih cepat terkuras.

Tips yang kedua yaitu bijak menggunakan aplikasi, pastikan menutup semua aplikasi yang tidak Anda perlukan, selain membuat laptop berjalan lebih responsif, kesehatan baterai dapat terjaga dan membuat daya baterai bertahan lebih lama.

3. Istirahatkan Laptop Saat Dicharge

Mengistirahatkan laptop saat posisi di charge
Menggunakan laptop sambil dicharge adalah kebiasaan kurang baik untuk kesehatan baterai laptop Anda. Mengistirahatkan laptop saat posisi di charge selain waktu pengecasan bisa berjalan lebih cepat pengisian daya baterai juga lebih stabil dan lebih maksimal.

Kalau kebiasan ini dilakukan saat mengisi daya baterai laptop Anda, maka dapat menambah umur baterai, dan baterai laptop Anda tidak cepat rusak.

4. Hindari Pengecasan Berlebih atau Daya Habis Total

Kadang ketika lagi konsentrasi dan serius mengerjakan pekerjaan kantor, lagi fokus mencari materi makalah untuk tugas kampus, lagi asyik nonton youtube, netflix, atau mendengarkan musik di spotify, kita sering lupa mengecas dan membiarkan daya baterai laptop terkuras habis. Tanpa Anda sadari kebiasaan seperti ini bisa membuat baterai laptop Anda cepat rusak dan baterai laptop drop.

Di saat pemakaian berat, usahakan mengecas baterai saat persentase baterainya masih 50%, sedangkan saat pemakaian ringan persentase baterai laptop tidak kurang dari 20% baru dicharge.

Hindari mengecas baterai berlebihan, apalagi sampai meninggalkan laptop di charge atau menancapkan adaptor laptop terus menerus padahal persentase baterai laptop 100% kondisi penuh, hal ini dapat merusak kinerja baterai dan bisa memperpendek usia baterai laptop itu sendiri. Lebih baik cabut adaptor laptop atau charger laptop saat persentase baterai laptop berada diposisi 98 - 99%, agar kesehatan baterai laptop lebih awet dan tahan lama.

5. Jaga Suhu Laptop Tetap Normal

Penyumbang terbesar kerusakan laptop adalah overheat atau panas yang berlebihan. Nah, untuk menjaga baterai supaya tidak cepat rusak atau drop adalah dengan menjaga suhu laptop tetap normal di suhu ruang kisaran 20°C sampai 25°C (Derajat Celcius).

Overhead ini bisa disebabkan karena pemakaian laptop yang berlebihan, fan laptop rusak, fan tidak bisa berputar maksimal, heatsink tertutup debu dan kotoran, thermal pasta mengeras atau sudah kering. Untuk mengatasinya, pembersihan laptop dan penggantian pasta secara berkala mutlak diperlukan, dan pastikan kondisi thermal pasta tidak sampai kering.


Di atas 5 tips yang dapat tim Goodlaptop Malang sarankan untuk menjaga kesehatan baterai laptop Anda, semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda khususnya untuk menjaga kesehatan baterai laptop biar awet, tahan lebih lama, dan akhirnya laptop tidak mudah rusak.

Kalau Anda ingin mempunyai laptop yang tahan lama dan baterai laptop tidak mudah drop dan sering ganti baterai laptop, 5 tips menjaga kesehatan baterai laptop patut anda coba. Pastikan selalu melakukan perawatan laptop minimal 6 bulan dan maksimal 1 tahun sekali untuk pembersihan fan dan penggantian thermal pasta (tergantung pemakaian) pada laptop atau MacBook kesayangan Anda.

Baterai laptop drop sudah pasti mengurangi performa laptop dan menghambat pekerjaan Anda. Daripada membeli baterai laptop baru dan ganti baterai laptop, lebih bijak Anda mulai merubah kebiasaan menggunakan laptop agar kesehatan baterai laptop Anda awet yang akhirnya baterai laptop bertahan lebih lama.


Terima kasih,

Team Goodlaptop Malang.
Call, SMS, Telegram, WhatsApp: 0811 364 1985

Pusat Service Laptop di Malang Terbaik dan Berpengalaman
Website : www.goodservicelaptop.com
Alamat : Jln. Pisang Kipas No. 31, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur - 65141
Disqus Comments